journey to the day

journey to the day

Monday, April 7, 2014

PREMARITAL CHECK UP -- PAKET LABORATORIUM PRODIA

Premarital Check up, penting gak?

hmmm.... it depend on ur top priority yaa
dibilang penting ga penting.
so far tapi gue pribadi belum melaksanakan Premarital Check Up.., ada beberapa pendapat  kalo seandainya kalian yakin calon suami adalah orang pertama yang nantinya akan "mengeksekusi", hahahaha dan juga kalian ga doyan makanan mentah ex: sushi salmon / makanan yang dibakar dan ga punya peliharan ex: kucing kelinci, sepertinya belom perlu (in my opinion ya),  tapi kalo kondisi kesehatan suami dan track recordnya belum dapat dipastikan (wa ilaaah, hahaha) dan kalian sendiri ga yakin sama kondisi kesehatan kalian mungkin sebaiknya dilakukan Premarital check up :)

singkatnya kalo saat ini kondisi keuangan masih mencekik karna banyak kebutuhan dan kalian blm terburu2 untuk program buat anak, mungkin masih bisa ditunda after married dengan keuangan yg lebih baik yaaa :)

Teman-teman Komodo lainnya ada beberapa yang melakukannya dan ada pula yang tidak :D
sebenernya apa aja yang dideteksi saat kita melakukan Premarital Check Up, gue kutip dari melindahospital , diantaranya adalah:
  1. Penyakit genetik/keturunan, misalnya: talasemia, buta warna, hemofilia, dan lain-lain. Dari sini calon pasangan akan punya pemahaman bahwa bila orangtua atau garis keturunannya mengidap penyakit genetik, maka anak yang akan lahir nantipun beresiko mengidap penyakit yang sama.
  2. Penyakit tertentu yang diturunkan, tetapi tidak jelas, misalnya: kecenderungan diabetes melitus (kencing manis), hipertensi (tekanan darah tinggi), kelainan jantung, dan sebagainya. Penyakit-penyakit tersebut dapat mengakibatkan gangguan selama kehamilan dan meningkatkan resiko baik bagi janin maupun sang ibu.
  3. Penyakit-penyakit yang baru diderita, misalnya: infeksi TORCH (pada wanita), penyakit menular seksual (PMS) termasuk hepatitis B, dan HIV/AIDS. Pada kelompok beresiko tinggi terkena PMS, pemeriksaan dan konseling pranikah sangat penting, sehingga bila calon pengantin menderita penyakit tersebut bisa dilakukan pencegahan atau pengobatan terlebih dahulu sebelum si calon ibu hamil 
  4. Diharapkan dapat mengubah perilaku bila si calon bapak atau calon ibu jika memiliki kebiasaan yang tidak baik, misalnya merokok, minum alkohol, atau memakai narkoba. Karena kadang-kadang calon suami atau suami yang perokok tidak paham bahwa asap rokok akan berbahaya bagi istri maupun janin.
biasanya yg jadi alasan utama para CPW untuk melakukan premarital adalah  deteksi dini penyakit TORCH!

TORCH adalah istilah untuk menggambarkan gabungan dari empat jenis penyakit infeksi yaitu Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes. Keempat jenis penyakti infeksi ini, sama-sama berbahaya bagi janin bila infeksi diderita oleh ibu hamil

nah jadi sebelum gencatan senjata yakni  program  hamilidun oleh kedua mempelai supaya bayinya sehat dan kehamilan sehat, banyak muda-mudi yang merasa perlu melakukan pemeriksaan.

buat gambaran aja nih supaya bisa mencegah:
 
sumber:  mausaurus blog

Kapan sebaiknya kita melakukan premarital Check Up?  kebanyakan dokter bilang 6 bulan sebelum pernikahan, ada juga yang bilang 3 bulan sebelum pernikahan.. in case (amit-amit, naudzubillah) ada deteksi penyakit.. dokter bisa memberikan obat untuk proses penyembuhan. tapi jeleknya kalo kelamaan, selang beberapa bulan setelah pemeriksaan meuju hari H masih bisa ada kemungkinan tertular dan tidak terdeteksi.

jadi basic nya.. selama pernikahan belum berlangsung Premarital bisa dilakukan kapan aja. alias Fleksibel.selama ada niat dan biaya tentunya :D

Dimana kita bisa melakukan Premarital Check Up? banyak rumah sakit2 yang menyediakan program paket premarital check up, biasanya rumah sakit besar yang punya laboratorium :) kalo kalian punya RS langganan ato yg dicover sama kantor, nah itu dia sikaaaaat!! mudah2an bisa grateeesss.. hahaha, untuk harga bervariasi.. beberapa temen Komodo merekomendasikan RS. Tambak untuk melakukan Premarital Check Up karena katanya lebih murah, hehehe (namanya juga cewe yaa khaaan, lebih murah lebih hits)

ato bisa juga yang paling common adalah dateng ke klinik laboratorium, macam prodia yang tersedia dimanaa-manaaaaaa.. disana juga ada dokter yg akan bantu membacakan hasil tes nya :D
 
BROSUR LAB PRODIA



Berapa Biaya dan Apa beda pemeriksaaan CPP dan CPW?
 nah terlampir paket pemeriksaan Lab Prodia untuk pria dan wanita beserta rate harga di tahun 2013, hehehe


notes: tulisan pulpen nya adalah tulisan Mba Fhe (anggota Komodo yang juga berprofesi dokter, beliau menyarankan untuk minta tambahan beberapa pemeriksaan untuk hasil yang lebih maksimaaaal)

Gambaran harga beberapa RS di area Jabodetabek 2013:
sumber:  mausaurus blog

RS Mitra Keluarga Bekasi Timur --> Rp. 2.347.000 (lupa paketnya apa aja)
RS Hermina Bekasi --> Rp. 2.380.000 (lupa paketnya apa aja)
RS Hermina Galaxy --> Rp. 2.935.000 (cek darah, urin, kons obsgyn, EKG, ginjal, TORCH)
Prodia -->    Rp. 1.770.000 (darah rutin, darah tepi, HBS Ag, TORC IgG)
                    Rp. 883.000 (biaya tambahan untuk cek IgM TORC)
                    Rp. 1.604.000 (pemeriksaan TORCH saja)
CITO -->  Rp. 1.670.000 (Paket Tulip; darah, urin, glukosa darah puasa dan tidak puasa, VDRL, 
                 HBS Ag, golongan darah, TORC)
Parahita --> Rp. 1.900.000 (kalo ga salah untuk TORCH saja, Mau lupa)
RSIA Tambak --> Rp.1500.000 (TORCH IgG dan IgM)
List di atas adalah untuk pemeriksaan yang wanita saja. Kalo yang sepasang:
RSIA Tambak --> Rp. 2.060.000 (darah lengkap, urin, kons dokter umum, kons obsgyn, TORCH, HBS Ag, buta warna, fisik, USG)

okaaay, ladies.. baiknya di hubungi langsung aja yaa ke RS terdekat untuk tau kisaran harganya, tinggal telp ato dateng aja  ke bagian CS dan tanyaa deeeh harga paket Premarital Check Up disana

mudah-mudahan helpful yaaaa post gue kali iniiih.. hehee
semuanya dikembalikan lagi sama pilihan kalian, calon suami dan juga pendanaan pastinyaa:)
smoga selalu sehat dan lancar persiapan pernikahannyaaa



salam sehat selalu :D

Amel

No comments:

Post a Comment